Susur Goa Kiskendo dan Sumitro

Category: Geografis, Pariwisata, Sejarah 1,991 0


Gua selalu misterius. Menyimpan cerita yang tak mungkin diungkap, bahkan tak dapat sama sekali dinalar. Sama seperti kisah epic kemisteriusan Goa Kiskendo dan Gua Sumitro yang keberadaannya jarang terjamah tangan manusia. Terletak di kecamatan Girimulyo, kedua gua menyimpan rapat legendanya masing-masing yang sayang jika tak ditelusuri jauh lebih dalam, ke dalam badan gua di dalam perut bumi.

Relief Goa Kiskendo_Goa Kiskendo dan Goa Sumitro masih terhubung dengan legenda di objek wisata lain di ujung utara Kulon Progo. Puncak Suroloyo, Bendung Kayangan dan Watu Blencong adalah beberapa objek wisata yang berhubungan erat dengan gua ini. Terbingkai rapih dalam kisah pewayangan semua tempat disana memiliki peran dan potongan cerita masing-masing.

Tidak kah penasaran dengan apa yang terdapat di dalam Goa Kiskendo dan Gua Sumitro? Tidak kah bertanya-tanya seperti apa cerita dibalik sudut-sudut gua yang masih asli ini? Keduanya terletak di satu kompleks taman yang dikemas apik dengan fasilitas bumi perkemahan, gardu pandang dan joglo nan sejuk.

Merasakan sensasi menelusuri Goa Kiskendo dan Gua Sumitro menjanjikan pengalaman yang mengesankan. Mengingat kondisi gua masih jarang dikunjungi dan didokumentasikan maka akan muncul keasyikan rahasia yang belum banyak orang tau. Berbeda dengan gua daerah lain yang sangat sering dikunjungi, sehingga terlalu mainstream untuk kembali diulas.

Sensasi susur gua

Pada sebuah siang diskusi tentang kedua gua paling terkenal di Kulon Progo ini dimulai. Bertemu secara tidak sengaja dengan istri kepala petugas yang berkewajiban menarik tiket masuk serta parkir, serta merawat kelestarian Goa Kiskendo dan Goa Sumitro. Bercerita panjang lebar sambil bersantai menikmati gorengan hangat di lahan parkir tak jauh dari mulut goa.

Setahun lalu Goa Kiskendo dan Gua Sumitro sepertinya tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintah kabupaten, bahkan pemerintah provinsi yang bertanggungjawab langsung terhadap kelangsungan hidup gua pun terkesan tidak peduli. Rumput tumbuh meninggi terkesan sinup. Fasilitas pendukung seperti akses jalan toilet, tempat parkir dan tokopun rusak. Kabar gembiranya, melalui Danais keadaan Goa Kiskendo dan Goa Sumitro baru-baru ini semakin membaik. Banyak hal yang dibenahi. Askes jalanpun kini sudah semakin baik. Pementasan Sendratari Sugriwo dan Subali pun dipentaskan satu bulan sekali di lokasi Goa Kiskendo.

Biarlah ini menjadi panggilan hati mereka yang bertanggungjawab langsung agar segera mengelola keberadaan goa dengan berbagai macam asetnya. Selain itu, warga sekitar sebagai individu yang langsung bersentuhan dengan goa setiap harinya pun tidak banyak peduli. Justru banyak pemuda yang gemar merusak fasilitas umum di sekitar goa. Sayang, potensi akbar dari goa yang konon digunakan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro tidak tergali dengan optimal. Setidaknya ini yang beliau ceritakan setahun lalu.

Tak baik berkeluh kesah mencari siapa yang paling bertanggungjawab terhadap keberadaan Goa Kiskendo dan Gua Sumitro. Kabar gembiranya adalah pengelola sudah menyiapkan paket wisata susur gua yang sangat terjangkau dari segi harga. Melalui cara ini wisatawan dapat merasakan sensasi berjalan kaki menyusur gua, mengambang menggunakan ban sekaligus menikmati banyak spot menarik di kedua gua dengan aman bersama pemandu-pemandu berpengalaman.

Goa Kiskendo dan Sumitro lengkap dengan cerita pewayangan dan sejarah yang tersimpan di dalamnya dikemas menjadi paket wisata yang menarik. Sebuah penawaran yang sayang jika dilewatkan. Jika tidak cukup dengan paket wisata ini, wisatawan dapat memilih objek wisata lain yang letaknya sangat dekat dengan kompleks Goa Kiskendo seperti Grojogan Sewu, Air Terjun Gunung Gajah, Watu Blencong dan Tamanan untuk dijadikan opsi tambahan.

Untuk dapat menikmati sudut-sudut eksotis di dalam Goa Kiskendo dan Gua Sumitro, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 35.000,- per orang, dengan jumlah minimal per rombongan 10 orang. Asyiknya hanya dengan tarif seekonomis itu wisatawan masih akan mendapat makan siang. Harga ini merupakan harga pada bulan Mei 2014. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut hubungi Pak Sukisno (085327685699).

Sudah saatnya pengelola objek wisata di Kulon Progo berinovasi. Inovasi kreatif harus lah menjangkau minat wisatawan. Tentu agar nilai ekonomis yang terkandung dari dunia pariwisata dapat dimanfaatkan dengan optimal. Kesadaran akan potensi wisata daerah harus semakin gencar diaktualisasikan. Semua unsur masyarakat Kulon Progo harus akrab dengan wisata lokalnya terlebih dahulu, sebelum beranjak keluar mencicipi wisata luar daerah. Jika semua mau bergotong royong, berswadaya untuk memajukan sektor ini, yakinlah bahwa akan ada sesuatu yang dapat dipetik dari kerja keras yang sudah dilakukan dengan segenap hati.

Selamat berkunjung di Goa Kiskendo dan Gua Sumitro. Ajak orang-orang terdekat kamu. Selamat berlibur. 

Related Articles

Tuliskan Komentarmu