Menyongsong Kulon Progo Expo

Category: Ekonomi, Pendidikan, Sosial 1,294 0


Jauh sebelum digunakan nama Kulon Progo Expo, hajatan memperingati hari jadi Kabupaten Kulon Progo dikenal dengan sebutan Pameran Pembangunan. Kemudian berubah menjadi Manunggal Fair. Tak salah memang jika ada anggapan apalah arti sebuah nama. Namun dalam konteks ini anggapan di atas rasanya kurang pas. Nama adalah deskripsi singkat yang di dalamnya tersemat semangat, harapan dan cita-cita termasuk gagasan serta konsep. Nama menjadi rambu penuntun bagi sang empunya nama, yakni Kulon Progo dan segenap masyarakatnya menuju ke arah yang diharapkan.

kulon progo expoTahun 2014 Kulon Progo Expo kembali digelar. Seperti tahun sebelumnya, hajatan Kulonprogo Expo selalu dinanti masyarakat Kulonprogo. Menjadi hiburan, media interaksi, sarana promosi, ajang aktualisasi dan tentu menjadi saat yang tepat bagi kesenian dan kebudayaan khas Kulon Progo  menunjukan eksistensinya.

Kali ini kembali Perumda Aneka Usaha Kulon Progo dipercaya mengelola hajatan akbar yang sudah mendapat tempat tersendiri bagi masyarakat Kulonprogo. Sedikit mengulas, Perumda Aneka Usaha Kulon Progo merupakan BUMD yang bergerak di sektor perdagangan, industri, dan jasa. Tahun 2013 Perumda Aneka Usaha Kulon Progo memiliki Unit Ekonomi Kreatif, yang didalamnya memuat kemampuan sebagai event organizer. Dari sinilah kepercayaan mengelola Kulon Progo Expo mulai dibangun.

Kulonprogo Expo 2014 sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Kulon Progo akan dibuka mulai tanggal 17 Oktober 2014 hingga 25 Oktober 2014. Menempati ruang ruas jalan di seputar Alun-alun Wates dan sebagian dalam lapangan.

Berbeda dengan penyelenggaraan terdahulu,  Perumda Aneka Usaha Kulon Progo sebagai panitia membagi kegiatan dalam 3 sesi setiap harinya. Sesi edukasi pada pagi hari berisi materi dari Universitas atau sekolah, lomba band indie Kulonprogo siang harinya dan pementasan kesenian pada malam hari. Pembagian ini bertujuan mengurai animo kedatangan pengunjung agar tidak terjadi penumpukan pengunjung pada malam hari. Tentu setiap acara yang nantinya digelar akan selalu berkaitan dengan tema Kulon Progo Expo tahun ini yakni Membingkai Budaya Memajukan Usaha.

Dalam event tahunan Kulon Progo Expo 2014 ini, ada beberapa rangkaian kegiatan pendukung. Diantaranya Kontes Kambing PE dan Sapi yang akan dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2014 di Lapangan Pengasih. Perlombaan ini memperlombakan  6 kategori, yaitu Calon Induk dan Indukan Sapi, Calon Induk dan Indukan Kambing PE, Calon Pejantan dan Pejantan Kambing PE. Kegiatan Kontes Sapi dan Kambing PE ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo, Fakultas Peternakan UGM dan Perumda Aneka Usaha Kulon Progo.

Selain Kontes Sapi dan Kambing PE, acara pendukung Kulon Progo Expo 2014 yang lain adalah yaitu Lomba Burung Perkutut. Perlombaan ini dilaksanakan tanggal 12 Oktober 2014 di Komplek Waduk Sermo, Kokap. Acara Loma Burung Perkutut terselenggara atas kerjasama Perumda Aneka Usaha Kulon Progo dengan Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Korda Kulon Progo. Monggo diramaikan.

Tempat dan jadwal pendaftaran

Kulonprogo Expo 2014 sebagai acara yang sudah mendapat tempat khusus di hati masyarakat Kulon Progo akan dibuka mulai pukul 10.00 sampai dengan 22.00 dengan menampilkan informasi keberhasilan pembangunan daerah, juga menampilkan potensi dan produksi ekonomi masyarakat. Kulon Progo Expo tahun tahun-tahun sebelumnya mendatangkan gelombang masyarakat dari seluruh penjuru Kulon Progo tumpah ruah di seputaran Alun-alun Wates menikmati beragam display. Tak jarang warga di tempat yang cukup jauh menggunakan mobil pick-up, bus dan truk untuk menuju lokasi penyelenggaraan acara. Sungguh pemandangan yang menggugah semangat untuk memajukan Kulonprogo lebih dan lebih.

Semua pelaku bisnis, organisasi dan lain sebagainya dapat mendaftarkan diri menjadi peserta kegiatan akbar Kulon Progo Expo dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan kapling. Harga kapling dan denah kapling pada penyelenggaraan tahun ini dapat dilihat di halaman berikut. Pendaftaran akan dimulai dari tangal 22 September 2014 sampai dengan 3 Oktober 2014, pada hari Senin hingga Jumat pada jam kerja di kantor Perumda Aneka Usaha Kulon Progo, Jalan Khudori No. 51, Wates Kulon Progo, Yogyakarta, Telp (0274) 774466. Meskipun pendaftaran dibuka secara resmi pada 22 September 2014, calon peserta diperkenankan bertanya terlebih dahulu kaitannya dengan harga kapling dan lain sebagainya.

Peserta Kulon Progo Expo 2014 akan menempati sekitar 650 kapling yang telah disediakan. Akan ada tiga kelas berbeda dalam penentuan kapling. Kapling pada lokasi Kelas Utama sekitar 50 kapling, kapling pada lokasi Kelas Bisnis sekitar 400 kapling dan kapling pada lokasi Kelas Ekonomi sekitar 200 kapling. Khusus untuk SKPD disediakan 80 kapling yang telah dilengkapi dengan tenda dan listrik.

Pebisnis lokal Kulon Progo maupun luar daerah sama-sama diberi kesempatan untuk tampil di acara jendela bisnis Kulon Progo ini. Perumda Aneka Usaha Kulon Progo sebagai penyelenggara juga memberikan kesempatan kepada pengusaha Wahana Permainan di Kulon Progo dan sekitarnya untuk berpartisipasi.

Publikasi yang panitia lakukan ke seluruh wilayah Yogyakarta dan juga ke wilayah kabupaten dan propinsi tetangga yang berbatasan dengan kabupaten Kulonprogo diharapkan dapat memperluas pasar dan jaringan bagi pelaku bisnis lokal. Selain media promosi bisnis, seni dan budaya, pagelaran Kulonp Progo Expo tahun ini diharapkan dapat menjadi media inovasi perindustrian dan pemicu peningkatan investasi yang mampu menyerap tenaga kerja, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Jika kembali ke persoalan nama, nama Pameran Pembangunan sebenarnya sebenarnya adalah istilah khusus yang menunjukan adalah kegiatan show off yang dilakukan oleh SKPD Kabupaten Kulon Progo. Segenap SKPD di lingkup Kabupaten Kulonprogo akan menampilkan informasi kepada masyarakat agar dapat mengetahui perkembangan dan rencanan pembangunan di Kulonprogo. Hal ini penting sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat.

Menurut Perumda Aneka Usaha Kulon Progo meskipun belum dipublikasikan secara luas, banyak peserta yang telah menanyakan bagaimana acara Kulon Progo Expo tahun ini. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat. Oleh karena itu, bagi peserta yang berminat berpartisipasi dalam Kulon Progo Expo 2014 diharapkan segera mendaftar atau memesan kapling mengingat jumlah kapling dan tenda terbatas.

Selain itu, panitia juga membuka ruang dan memberi kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk berpartisipasi guna mensukseskan acara kebangaan masyarakat Kulon Progo ini, sekaligus mempromosikan produk-produk perusahaan dengan menjadi sponsorship kegiatan maupun sponsorship tunggal. Penawaran sponsorship tersebut dapat dikirim melalui e-mail kepada panitia dengan alamat kulonprogo.expo2014@gmail.com

Mengutip semangat Beli dan Bela Kulon Progo, Kulon Progo Expo 2014 diharapkan benar-benar menjadi acara yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh segenap elemen masyarakat di Kulon Progo, mengolahnya dan kemudian bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Kulon Progo. Jangan lupa 17 Oktober 2014 hingga 25 Oktober 2014. Ayo dolan Kulon Progo. Ayo Expo di Kulon Progo! (foto: www.jogjaportal.com)

 

Denah stand Kulonprogo Expo 2014, klik disini.

Harga stand Kulonprogo Expo 2014, klik disini.

Jadwal acara Kulonprogo Expo 2014, klik disini.

Related Articles

Tuliskan Komentarmu