Girimulyo Surga Wisata Kulon Progo

Category: Budaya, Geografis, Pariwisata 13,400 13


Sebagai pembuka izinkan kami yang belum juga menikah ini berkata 
Girimulyo adalah surganya wisata Kulon Progo. Jika kini tau bahwa Girimulyo adalah surga wisata Kulon Progo, kami berharap  kita juga berbagi manfaat bagi kelangsungan pariwasata daerah ini. Lewat yang sederhana saja seperti membeli tiket atau menyumbang sumbangan sukarela. Jangan malah cari brobosan supaya tidak bayar. Selain itu juga turut menjaga kebersihan, turun tangan membantu promosi dan terakhir jajan di sekitar lokasi wisata.

Relief Goa Kiskendo Girimulyo Kulon ProgoLima hal di atas jadi cagak utama perkembangan pariwisata di Kulon Progo, khususnya Girimulyo, selain dana yang jadi masalah laten. Kalimat itu merupakan ucapan admin satu yang dua hari lalu sambat mantane nikah. Agaknya betul jika empat aspek di atas bisa jadi tips bagi wisatawan untuk membantu perkembangan pariwisata Kulon Progo, khususnya wisatawan Kulonprogo.

Pariwisata di Kulonp Progo dan di banyak tempat lain adalah wilayah yang kompleks. Kompleksitasnya terkandung pada dua hal, yang pertama sarana dan kedua prasarana. Dua hal yang tak bisa dipisahkan oleh calon morotuo sekalipun.

Begini, saat berbicara prasarana, berarti membicarakan mengenai fasilitas pendukung untuk menjadikan pariwisata menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan sosial. Diantaranya seperti bagaimana akses jalan, sejauh mana terangnya lampu jalan, terpasang tidaknya rambu lalu lintas dan tak lupa adalah denah menuju lokasi wisata.

Oleh karena itu mengingat pentingnya denah lokasi wisata, kali ini disajikan beberapa rute menuju objek wisata eksotis di Kecamatan Girimulyo berdasarkan petunjuk dari kawan dalam postingannya di laman facebook. Terimakasih Panorama Girimulyo Kulon Progo. Kami percaya bahwa potensi kilau Girimulyo luar biasa.

Goa Kidang Kencana 

Yang pertama Goa Kidang Kencana. Goa Kidang Kencana baru beberapa bulan ini dikenal luas oleh masyarakat, terletak di dusun Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo.

Goa Kidang Kencana girimulyo kulon progoJika dari arah Yogyakarta kota kita dapat menuju perempatan ring road Demak Ijo ambil arah Godean lalu lurus saja ke barat. Ketemu perempatan Kenteng Nanggulan lurus lagi ke barat. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah menuju arah Jatimluyo lalu ikuti jalan aspal.

Setelah itu menuju Pertigaan Gendu ambil arah ke kanan sehing akan terlihat Pasar Jonggrangan. Lalu pertigaan MTs N Jatimulyo ambil kanan dan ikuti jalan sekitar 2 km. Pertigaan Sabrang Kidul ambil ke kiri, kurang lebih 100 meter ada lapangan voli di kanan jalan pas menanjak. Di kiri jalan terdapat rumah Bapak Kepala Desa. Kemudian belok jalan masuk ke kanan atau lapangan voli, lalu Ikuti jalan sampai ketemu pertigaan, ambil kiri. Nah sampai disitu silakan tanya, Goa Kidang Kencana sudah sangat dekat.

Jika kita berangkat dari Wates maka ancer-ancernya adalah menuju WRC atau PPSJ ambil arah ke Girimulyo, setelah itu pertigaan pohon beringin ambil kiri, lurus terus sampai ketemu Pasar Sribit. Dari Pasar Sribit masih naik katas. Sesampainya di Pertigaan Gendu rutenya sama seperti rute yang sudah dijelaskan di atas.

Sebagai catatan, jika ingin berkunjung datanglah ke rumah Bapak Kepala Desa terlebih dahulu agar dicarikan guide untuk menemani susur goa dengan kedalaman 150meter ini. Jangan lupa dari rumah siapkan peralatan seperti senter, dianjurkan senter kepala dan sandal karet supaya tidak kepleset.

Retribusi di Goa Kidang Kencana belum ada tetapi disediakan kotak isian seikhlasnya. Langkah ini sebagai upaya pengembangan wisata dan untuk pembelian bahan bakar guna menyalakan generator yang menghasilkan listrik penerangan goa.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu terletak di dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Kami termasuk beruntung dapat berdiskusi dengan warga sekitar Grojogan Sewu saat grojogan ini belum dikenal masyarakat luas. Hingga muncul perasaan bangga saat warga sekitar sedikit demi sedikit terpanggil untuk mengolah potensi limpahan air di daerahnya.

Jika menuju Grojogan Sewu dari arah Yogyakarta jalan yang ditempuh kembali menuju perempatan ring road Demak Ijo ambil arah Godean lurus terus sampai perempatan Kenteng Nanggulan. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah arah Jatimulyo. Ikuti jalan aspal sampai pertigaan Gendu ambil arah ke kanan. Sampai di Pasar Jonggrangan lurus terus menuju arah Goa Kiskendo. Goa Kiskendo masih lurus ambil arah Gunung Kelir. Setelah itu masuk ke Dusun Beteng tepat di bawah Watu Blencong.

Retribusi Rp 2.000,- sudah termasuk parkir dan disediakan kotak isian seikhlasnya untuk pengunjung yang tergerak membantu.

Puncak Moyeng

Puncak Moyeng merupakan sebuah dataran di puncak-puncak Bukit Menoreh. Dari sana kita dapat melihat hamparan luas Kabupaten Kulonprogo bahkan sampai ke Pantai Selatan. Lokasinya di dusun Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo.

Puncak Moyeng Girimulyo Kulon ProgoAncer-ancer dari Yogyakarta kota seperti biasa, kita numpak motor atau mobil menuju perempatan ring road Demak Ijo ambil arah Godean. Sesampainya di perempatan Kenteng Nanggulan lurus masih lurus ke barat. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah arah Goa Kiskendo lalu Ikuti jalan aspal kira-kira 2 km.

Setelah itu akan ketemu tikungan tajam menanjak sampai berakhir tanjakannya ada belokan ke kiri. Di tempat itu ada papan petunjuk yang dibuat mahasiswa KKN, nah belok ke kiri ikuti jalan cor blok. Ada pertigaan belok kiri cor blok. Lalu ada pertigaan bukan jalan cor blok belok kiri yang nanjak, ikuti jalan tersebut sampai ke puncak. Hati-hati jalan menuju Puncak Moyeng lumayan menantang.

Jika berangkat dari arah Wates patokannya PPSJ atau WRC ambil arah ke Girimulyo. Pertigaan Tanjungharjo ambil kanan lalu lurus terus. Sebenarnya ini jalan pintas. Lalu ikuti jalan aspal sampai pertigaan Sawah Gede ambil kanan. Setelah itu pertigaan Janti Nanggulan ambil kiri, Ikuti jalan sampai perempatan Kenteng Nanggulan ambil kiri atau ngulon. Masih lurus ke barat. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah arah Goa Kiskendo lalu Ikuti jalan aspal kira-kira 2 km.

Setelahnya akan ketemu tikungan tajam menanjak sampai ada belokan ke kiri. Di tempat itu ada papan petunjuk buatan mahasiswa KKN, nah belok ke kiri ikuti jalan cor blok. Ada pertigaan belok kiri cor blok. Lalu ada pertigaan bukan jalan cor blok belok kiri yang nanjak, ikuti jalan tersebut sampai ke puncak. Sekian dulu mengenai Puncak Moyeng. Mari kita berkunjung ke tempat lain. Mumpung prei dan ada yang nemenin, duh.

Saking banyaknya air terjun seorang kawan pernah guyon seperti ini, iso iso Wates banjir mergo nduwur kokean air terjun hehe. Candaan yang menyiratkan bahwa di Girimulyo dan Samigaluh banyak terdapat wisata air terjun yang beberapa tahun lalu hanya warga sekitar saja yang tau. Salah satunya adalah Air Terjun Mbang Soka, di dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

Air Terjun Mbang Soka Girimulyo Kulon ProgoJika berjalan dari arah Yogyakarta Kota kita masuk Jalan Godean sampai akhirnya sampai di perempatan Kenteng, Nanggulan. Setelah sampai di perempatan luruh terus sampai pertigaan Watumurah, masih lurus ke bawah menuju arah Jatimulyo. Ikuti jalan aspal sampai pertigaan Gendu ambil arah ke kanan.

Ketemu Pasar Jonggrangan lurus. Pertigaan MTsN Jatimulyo ambil yang nanjak atau lurus arah Goa Kiskendo. Lalu pertigaan Goa Kiskendo lurus. Pertigaan Segatol ambil kiri  yang banyak pohon pinusnya. Nanti akan ketemu perempatan ambil yang jalan menurun. Ada pertigaan ambil yg lurus jangan ke kiri. Ikuti jalan aspal kira-kira 4 km.

Setelah itu akan ketemu pertigaan ada plang SD N 2 Sokomoyo ambil ke kiri. Ada dua opsi untuk menitipkan kendaraan kita, pertama motor dititipkan di halaman SDN 2 Sokomoyo, yang kedua motor dititipkan di rumah warga. Setelah parkir kendaraan ikuti jalan masuk cor semen ke kiri yang berada di bawah TK Sokomoyo. Ketemu pertigaan ambil kanan menurun. Ketemu perempatan ambil kiri. Ikuti jalan tanah berbatu sekitar 100 meter. Di titik ini Air Terjun Mbang Soka sudah terlihat. Gampang to?

Lha kalau dari Pengasih kita bisa ngepit lewat Pemandian Clereng ambil arah ke Desa Sidomulyo atau Plelen kemudian nanti akan ketemu jembatan Sawahaking, jangan nyebrang jembatan, ambil yang lurus. Setelah itu ketemu SD N Kutogiri di kanan jalan. Ikuti jalan sampai ada pertigaan, ambil ke kiri menanjak. Masih ikuti jalan aspal sampai ketemu SDN 2 Sokomoyo di kiri jalan dan TKN Sokomoyo di kanan. Nah setelah itu ikuti rute seperti di atas ya. Jangan lupa menyumbang di kotak sumbangan ya, untuk membantu warga sekitar merawat Air Terjun Mbang Soka.

Gardu Pandang Watu Jaran

Gardu Pandang Watu Jaran terletak di Dusun Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Sekilas tempat ini seperti Gunung Gajah kalau hanya dilihat dari hasil foto teman-teman yang pernah berkunjung. Sudah siap kesini? Ini rutenya.

Gardu pandang Watu Jaran Girimulyo Kulon ProgoMasih berpatokan dari arah Yogyakarta kota, ancer-ancernya masuk perempatan ring road Demak Ijo ambil arah Godean. Lurus sampai perempatan Kenteng Nanggulan, setelah itu masih lurus ngulon. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah arah Jatimulyo. Ikuti jalan aspal, siapin gaspol dari bawah soale nanjak banget. Sampai di pertigaan Gendu ambil arah ke kanan. Pasar Jonggrangan  lalu pertigaan MTsN Jatimulyo ambil yang kanan atau arah Samigaluh.

Lanjut ikuti jalan sekitar 2 km. Pertigaan Sabrang Kidul ambil ke kiri. Setelah itu sekitar 100 meter ada lapangan voli di kanan jalan pas menanjak dan di kiri jalan ada rumah Bapak Kepala Desa. Belok jalan masuk ke kanan atau arah lapangan voli. Ikuti jalan sampai ketemu pertigaan ambil kiri yang cor semen. Ikuti jalan sampai ada rumah di kiri jalan cor semen. Setelah rumah ada pertigaan ambil kanan. Ikuti jalan cor semen. Sampailah kita di gardu pandang dengan hamparan hutan pinus yang sejuk.

Yang dari Wates ambil arah ke Girimulyo. Pertigaan Pohon beringin ambil kiri. Pasar Sribit lurus Pertigaan ambil lurus arah ke Jatimulyo. Ikuti jalan aspal, sampai pertigaan Gendu ambil arah lurus, selanjutnya seperti di atas ya.

Waduk Mini Embung Kleco

Yang ini namanya Embung Kleco, bisa dikatakan juga waduk mini. Alamatnya di dusun Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Dari Yogyakarta kota lurus aja menuju Godean sampai akhirnya sampai di perempatan Kenteng Nanggulan ambil kiri. Nah sampai di pertigaan Janti atau Puskesmas ambil kanan arah Girimulyo. Pertigaan pohon beringin llurus terus sampai Pasar Sribit. Pertigaan Terminal Sribit atau pos ojek ambil kiri melewati kantor Polsek Girimulyo. Ikuti jalan aspal sampai Poskesdes Girimulyo ambil yang tengah. Siapin gaspol dari bawah soale nanjak terus dan lumayan tinggi. Ikuti aspal, nanti sebelum tanjakan yang menikung ada tugu dan batu yang di kiri jalan dengan jalan cor semen. Nurut jalan cor semen, ada percabangan ambil yang arah kanan. Retribusi Rp 2.000,- sudah termasuk parkir. Murah kan?

Curug Setawing

Oiya akhirnya sampai di Curug Setawing. Lokasi curug indah ini ada di dusun Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Seperti biasa jika dari Yogyakarta kota kita menuju Jalan Godean. Lurus terus sampai perempatan Kenteng Nanggulan, masih lurus. Pertigaan Watumurah lurus ke bawah yang menuju arah Jatimulyo. Ikuti jalan aspal sampai di pertigaan Gendu.

Curug Setawing GirimulyoPertigaan Gendu ambil arah ke kanan menuju Pasar Jonggrangan yang posisinya di kanan jalan. Ambil kanan masuk ke Pasarnya lalu ikuti jalan cor block ke bawah sekitar 100 meter. Nah setelah itu nanti bakal ketemu pertigaan lagi kalau yang ini ambil kiri. Ikuti jalan cor block sekitar 50 meter. Parkirkan kendaraan di rumah warga. Untuk ke curugnya pengunjung bisa jalan kaki mengikuti jalan cor block. Cukup jelas? Ada pertanyaan? Koyo guru neng sekolah kae lho ngehehe.

Kalau dari Wates malah jauh lebih gampang. Menuju arah Girimulyo. Nanti ada pertigaan ringin ambil lagi arah SMA 1 Girimulyo. Lurus terus arah Sribit. Lurus terus arah Pasar Jonggrangan. Selanjutnya sama seperti yang dijelaskan di atas. Sedikit masukan untuk warga pengelola curug atau air terjun di Kulonprogo supaya pelan-pelan menyediakan toilet atau kamar mandi. Selain untuk buang air kecil bisa juga untuk salin setelah berbasah-basah ria. Terlampir denah lokasi wisata di Kecamatan Girimulyo, klik disini. 

Inilah beberapa lokasi wisata di Girimulyo, Kulon Progo. Selain lokasinya yang masih asri, kebanyakan tempat wisata di Kulon Progo menawarkan pemandangan yang keren di sepanjang jalan. Ada pemandangan alam. Ada juga pemandangan dalam bentuk interaksi warga yang begitu ramah.

Seperti biasa, berwisata di Kulon Progo memang semi berpetualang, tapi justru itu yang bikin seru. Sekian dulu jangan lupa tetep belajar, tetep bantu-bantu pekerjaan di rumah. Bangga jadi warga Kulon Progo, bangga jadi bagian Jogja. (sumber dan foto: Panorama Girimulyo Kulon Progo)

Denah Lokasi Wisata Girimulyo. Klik disini

Related Articles

13 thoughts on “Girimulyo Surga Wisata Kulon Progo

  1. Pingback: Curug Setawing | dianitaanggraeniblog

  2. Pingback: Waduk Mini Embung Kleco | dianitaanggraeniblog

  3. Pingback: Gardu Pandang Watu jaran | dianitaanggraeniblog

  4. Pingback: Puncak Moyeng | dianitaanggraeniblog

      1. alannobita

        hehe, klo ga keberatan boleh mnta diarahin rutenya g mas,, soalnya pas udah didaerah jonggrangan tanya warga setempatnya pada ga tau hehe

        Reply
        1. Admin

          Yang kemana ya mas, kami ada rute wisata Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang di menu bagian atas 🙂

          Reply

Tuliskan Komentarmu